Tutorial Aplikasi Kimia Chemsketch

software1

CHEMSKETCH

Software kimia sangat banyak dengan kegunaan yang berbeda-beda, salah satunya adalah aplikasi chemsketch. Chemsketch adalah software yang digunakan untuk menggambar dan memodelkan struktur molekul kimia. Dan dapat menggambarkan dalam bentuk 2D atau 3D. Secara langsung kita bisa membuat rumus molekul atau rumus struktur, dari 2 dimensi (2D) diubah menjadi 3 dimensi (3D) dengan beberapa pilihan model tampilan. Pada Chemsketch tersedia tampilan wireframe, ball & sticks, sticks, spacefill, dots only, disk, with dots. Aplikasi ini bersifat freeware. Chemsketch dikeluarkan oleh ACD/Labs.com yang dapat diunduh secara gratis.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Dalam pengoperasian aplikasi ini dapat dikatakan tidak sulit, dan disini saya akan menjelaskan langkah demi langkah pengoperasian aplikasi ini. Pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat pemodelan struktur Vitamin B2 (Ribovlavin) dengan menggunakan Chemsketch. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Chemsketch yang telah diunduh dan diinstall dengan cara klik icon Chemsketch Screenshot_7.
  2. Apabila aplikasi Chemsketch yang Anda gunakan adalah versi freeware, maka akan keluar kotak dialog ACD/Labs Producs sebagai berikut, tidak perlu khawatir dan silakan untuk klik OK saja.

Screenshot_2 Screenshot_3

  1. Setelah kotak dialog tersebut tertutup, maka akan keluar tampilan awal aplikasi Chemsketch. Pada keadaan standart (default) Chemsketch dalam mode structure yaitu sebagai berikut.

Screenshot_1

  1. Pertama kita membuat struktur utama dari Vitamin B (Ribovlavin) terlebih dahulu. Gunakan icon yang dibutuhkan. Klik icon cs7 terlebih dahulu lalu klik icon cs3 di samping kanan lalu buat struktur utamanya pada lembar kerja.

Screenshot_10

  1. Tambahkan unsur nitrogen dengan cara klik icon cs7 terlebih dahulu lalu klik icon Screenshot_17 lalu gambarkan pada lembar kerja.

Screenshot_11

  1. Tambahkan unsur karbon dengan cara klik icon cs7 terlebih dahulu lalu klik icon cs8 lalu gambarkan pada lembar kerja.

Screenshot_12

  1. Tambahkan unsur oksigen dengan cara klik icon cs7 terlebih dahulu lalu klik icon cs10 lalu gambarkan pada lembar kerja. Setelah itu atur rantai rangkap dua dengan cara klik rantai yang dikehendaki sehingga hasilnya yaitu sebagai berikut.

Screenshot_13

  1. Tambahkan cabang OH dengan klik icon Screenshot_19 dan Screenshot_20 sesuai posisi masing-masing, maka akan didapatkan tampilan sebagai berikut.

Screenshot_5

  1. Tambahkan label dengan menggunakan cara klik icon Edit Atom Label cs15 di samping kiri kemudian klik di lembar kerja dan akan keluar jendela Edit Label. Tulis nama senyawa Vitamin B2 (Ribovlavin) lalu klik Insert.

Screenshot_14

  1. Struktur Vitamin B2 (Ribovlavin) beserta namanya telah selesai dibuat.

Screenshot_15

  1. Simpan file dengan nama maupun tempat sesuai kehendak Anda.

Screenshot_16

  1. Tampilan struktur Vitamin B2 (Ribovlavin) yang berhasil dibuat yaitu sebagai berikut.

Screenshot_18

 

Demikian tutorial mengenai aplikasi Chemsketch. Semoga bermanfaat!

 

Comments

comments